PINA - Plan, Save, & Invest

Mengatur keuangan dan investasi dalam satu aplikasi.

Strategi Portofolio PinaInvest

Misi
Di PINA, kami merancang dan membangun masa depan keuangan investor untuk membantu semua orang mencapai kebebasan finansial. Kami memiliki produk dan tools yang dapat membantu Anda membuat keputusan finansial yang rumit jadi lebih mudah dan relevan. Dengan tools investasi online dan pengelolaan uang, kami mendorong semua orang untuk berinvestasi lebih cerdas.

Strategi Investasi Kami
Investasi itu sangat rumit dan membingungkan, bener gak? Tidak sama sekali. Dengan PinaInvest, investasi akan jadi lebih mudah dan menyenangkan dengan berbagai strategi investasi yang kami buat dan kelola untuk Anda.

Mari lihat pendekatan kami untuk memandu perjalanan investasi Anda:
  1. Membantu Anda membuat rencana investasi yang sesuai target finansial Anda.
  2. Memahami profil risiko anda.
  3. Menyeimbangkan biaya dan harga.
  4. Mempertahankan diversifikasi dalam investasi.
  5. Menjaga perjalanan investasi Anda sesuai dengan tujuan awal.

PINA membantu Anda merancang portofolio Anda
Tidak ada dua orang dengan hidup yang sama apalagi dengan tujuan hidup yang sama. Oleh karena itu, membangun portofolio investasi Anda (terhubung ke portfolio builder) berarti Anda bebas mengatur uang Anda untuk mencapai target finansial spesifik yang berarti untuk Anda. Seperti anggaran bulanan pribadi yang dapat membantu Anda, memantau pengeluaran dan tabungan Anda, sebuah rencana investasi terbuat dari berbagai target yang disesuaikan dengan pengeluaran Anda di masa depan, seperti dana pensiun, pembelian mobil, ataupun dana pendidikan anak.

Keseimbangan biaya dan harga
Langkah pertama adalah menentukan alokasi portofolio investasi Anda. Untuk ini, kami akan memberikan beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda mengenal dan memahami target investasi, target waktu, toleransi risiko, dan prioritas Anda.

Dengan PINA, semua jawaban Anda untuk pertanyaan-pertanyaan tersebut akan menghasilkan kombinasi aset yang efisien untuk mencapai target investasi Anda saat ini.PINA akan mengusulkan sebuah portofolio yang berisi reksa dana dengan berbagai kelas aset yang berbiaya rendah. Karena tidak ada seorangpun yang bisa memprediksi kinerja pasar, kami akan fokus di faktor-faktor yang dapat diatur, yaitu biaya dan risiko.

Kami tahu itu mungkin akan terdengar seperti kata-kata indah. Tapi, pada dasarnya, Anda tinggal memberitahu kami target dan toleransi risiko Anda, dan kami akan membantu Anda membangun strategi portofolio yang ideal untuk membantu Anda mencapai target tersebut.

Portofolio rekomendasi kami terdiri dari reksa dana yang telah diseleksi berdasarkan kriteria sebagai berikut:
  1. Diversifikasi: Setiap portofolio kami sudah mempunyai strategi diversifikasi secara menyeluruh di semua kelas aset untuk membantu investor mencapai keuntungan yang relatif lebih tinggi dengan risiko lebih rendah. Portofolio Anda akan terdiri dari beberapa kelas aset reksa dana, jadi, Anda tidak hanya terdiversifikasi dalam satu aset, tapi juga di berbagai kelas aset.
  2. Beli dan Simpan: Orang “cerdas” menghabiskan banyak waktu merencanakan strategi ampuh untuk mencapai keuntungan di atas rata-rata pasar. Tapi, kebanyakan strategi ini gagal mengalahkan pasar. Dalam 100 tahun terakhir, pasar telah melewati masa depresi, perang dunia, euforia perusahaan teknologi, dan jatuhnya real estat. Anda bisa menebak apa strategi terbaik yang masih digunakan kebanyakan investor? Ya, benar. Strategi lama yang membosankan dan pasif: Beli dan Simpan.
  3. Nilai Uang: Dengan mempertimbangkan faktor lainnya mempunyai nilai sama, kami berusaha memilih reksa dana dengan rasio pengeluaran rendah untuk memastikan dana investasi menghasilkan keuntungan lebih besar.
  4. Ukuran: Kami memilih reksa dana dengan likuiditas yang cukup agar pembelian dan pencairan tidak mempengaruhi pengelolaannya.
  5. Pelayanan: Manajer Investasi bertanggung jawab untuk melayani investor sebaik-baiknya. Mereka akan terus mencari dan berinvestasi di perusahaan yang dihargai lebih rendah daripada nilai sebenarnya. Berinvestasi di perusahaan seperti ini secara berkesinambungan memerlukan keahlian dan konsistensi. Perspektif ini merupakan pedoman kami dalam pemilihan Manajer Investasi agar dana investasi dapat mencapai hasil yang maksimal.
  6. Manajemen Risiko: Kami mengacu pada aturan manajemen risiko yang dilakukan oleh para Manajer Investasi untuk memastikan mereka terlindungi dan terhindar dari risiko yang tidak diperlukan dalam reksa dana yang mereka kelola.
  7. Pemikiran Jangka Panjang: Kami terus berusaha untuk memilih reksa dana yang memprioritaskan target jangka panjang karena kami tahu frekuensi trading yang tinggi akan memperbesar biaya dan memperkecil keuntungan investor.
  8. Kinerja: Reksa Dana yang kami pilih memiliki track record kinerja yang mampu memberikan hasil investasi melebihi tolak ukurnya (Disclaimer: Kinerja masa lalu tidak dapat mencerminkan kinerja masa depan).


Portofolio Berbasis Risiko Pina

Strategi Portfolio


Sangat Konservatif
Portofolio yang bermain aman untuk menjaga atau melindungi nilai portofolio dengan berinvestasi seluruhnya di produk Reksa Dana Pasar Uang. Portofolio ini mencari risiko terendah yang menargetkan stabilitas dan keamanan.

Konservatif
Portofolio investasi yang memiliki kecenderungan menjaga nilai portofolio dengan berinvestasi mayoritas pada produk Reksa Dana Pasar Uang dan sebagian kecil pada produk Reksa Dana Pendapatan Tetap. Portofolio ini memiliki potensi untuk memberikan imbal hasil yang lebih besar dibandingkan dengan portofolio sangat konservatif, namun tetap menjaga stabilitas dan keamanan.

Moderat
Portofolio investasi yang memiliki tujuan pertumbuhan yang lebih tinggi daripada Konservatif sambil mengelola risiko dengan berinvestasi di produk Reksa Dana Saham dan di produk Reksa Dana Pendapatan Tetap, serta sebagian kecil di produk Reksa Dana Pasar Uang. Portofolio ini mungkin akan mengalami sedikit fluktuasi dalam mencapai pertumbuhan jangka panjang (namun tidak signifikan dibandingkan dengan fluktuasi pasar secara keseluruhan). Potensi keuntungan juga lebih tinggi dibandingkan dengan portofolio Konservatif, namun dengan tambahan risiko dengan penempatan pada produk Reksa Dana Saham.

Agresif
Memilih portofolio dengan risiko yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan jangka panjang yang lebih tinggi. Pada umumnya cenderung fokus pada produk Reksa Dana Saham yang diikuti dengan penempatan Reksa Dana Pendapatan Tetap dan produk Reksa Dana Pasar Uang.

Sangat Agresif
Portofolio Sangat Agresif mengambil risiko yang lebih tinggi dibandingkan portofolio agresif untuk memaksimalkan keuntungan. Dengan penempatan portofolio didominasi oleh produk Reksa Dana Saham. Portofolio ini akan mengalami lebih banyak fluktuasi dalam mencapai potensial keuntungan jangka panjang.


Sangat Konservatif Untuk Investor yang mementingkan stabitilitas dalam berinvestasi dan tidak mementingkan pertumbuhan aset
Konservatif Untuk Investor yang mencari stabilitas dengan potensi pertumbuhan yang terukur dalam nilai investasi mereka
Moderat Untuk Investor jangka menengah-panjang yang mencari potensi pertumbuhan yang relatif lebih tinggi daripada portofolio konservatif dan mampu menerima fluktuasi dalam nilai portfolio mereka
Agresif Untuk Investor jangka panjang yang menerima volatilitas dalam portofolio mereka untuk mencari tingkat pengembalian yang relatif lebih tinggi.
Sangat Agresif Untuk Investor jangka panjang yang mencari tingkat imbal hasil yang lebih tinggi dan mampu menerima volatilitas tinggi dalam portofolio mereka

Investasi Autopilot - Manajemen Portofolio dan Rebalancing
Situasi ekonomi tidak dapat diprediksi, kadang bisa naik atau turun. Dengan persetujuan investor terlebih dahulu, PINA menyediakan tools dan membantu investor melakukan portofolio rebalancing untuk memastikan target finansial investor tercapai. Saat portofolio Anda sedang bekerja keras, kami membantu memantau dan memberi petunjuk secara berkala apabila diperlukan untuk Anda melakukan rebalancingdemi memastikan Anda mendapatkan risiko dan keuntungan yang seimbang. Dengan persetujuan Anda, kami akan melakukan rebalancingterhadap investasi Anda secara otomatis, menjual investasi yang melampaui alokasi target dan membeli lebih banyak aset kelas yang secara persentase dibawah bobot awal.

Rebalancing memastikan portofolio Anda sesuai dengan toleransi risiko ataupun risiko yang tidak diinginkan ataupun akibat dari perubahan kondisi ekonomi. Misalnya:
  • Perubahan dalam peraturan pemerintah mungkin akan mengubah level suku bunga. Jadi, investasi Anda di Portofolio Pendapatan Tetap akan meningkat jika suku bunga menurun dan sebaliknya.
  • Kondisi ekonomi yang bullish mungkin akan menyebabkan sisi ekuitas dari investasi bertumbuh lebih pesat. Kenaikan harga saham akan membuat investor berinvestasi di pasar ekuitas. Dalam kasus Portofolio Moderat, hal ini akan menyebabkan para investor mengambil risiko lebih tinggi dibanding apa yang mereka tetap kan di awal investasi karena persentase ekuitas yang merupakan bagian dari portofolio akan bertumbuh lebih besar.

Ada banyak situasi lain yang bisa menyebabkan portofolio seorang investor berubah setelah periode tertentu. Inilah alasan mengapa rebalancing portfolio penting! Rebalancing Portfolio dibutuhkan untuk menjaga investor dari risiko yang tidak diinginkan atau halangan untuk mencapai target finansial tepat waktu.

Ada dua metode utama untuk menentukan waktu Portfolio Rebalancing: rebalancing berbasis waktu dan rebalancing berbasis risiko.

Rebalancing berbasis waktu akan sedikit tidak akurat dalam mengukur portofolio terkait dengan alokasi portofolio awal Anda. Oleh karena itu, kami menggunakan metode rebalancing berbasis risiko. Jika ada kelas aset investasi di dalam portofolio Anda yang menyimpang sebesar >5% dari alokasi awal Anda, PINA akan secara otomatis mengirimkan pesan untuk melakukan rebalancing terhadap portofolio Anda.

Sebagai pengingat, untuk mengaktifkan metode rebalancing otomatis, Anda perlu memberikan kami instruksi terpisah untuk menjalankan proses pembelian ataupun penjualan asetnya.

Menjaga semua sesuai jalurnya
Anda bisa mengecek investasi Anda kapanpun melalui website atau aplikasi PINA. Di dashboard personal Anda, Anda bisa memantau apakah perkembangan portofolio Anda sudah sesuai dengan setiap target yang ingin Anda capai. Saat target turun di bawah 70%, berarti Anda tertinggal dari target. Apabila target keuangan Anda belum tercapai, kami akan membantu Anda kembali ke target menggunakan petunjuk dari hasil analisa tim PINA, seperti melakukan investasi selama 1 tahun lagi atau menabung 1 bulan lagi untuk mencapai target setidaknya 70%.

Anda juga bisa melakukan modifikasi portofolio dengan mengubah profil risiko. Dengan mengubah profil risiko, Anda bisa melihat bagaimana resiko dapat mempengaruhi alokasi portofolio Anda. Jika Anda sudah puas dengan perubahannya, kami akan mengimplementasikan perubahan tersebut dan melakukan rebalancing terhadap portofolio Anda.