Sukses Mengelola Keuangan Pribadi Berawal dari Kebiasaan Kecil Ini

Mengelola keuangan pribadi ternyata tidak sesulit itu. Yang dibutuhkan adalah waktu dan ketekunan untuk menerapkan kebiasaan-kebiasaan simpel (secara harian, bulanan, juga tahunan) yang dapat mengubah situasi keuangan kamu dan membuka jalan menuju kebebasan finansial.

Baru saja kamu mau check out saat belanja online, tapi, kok,  saldo tabungan bulan ini sudah menipis? Padahal, kemarin kamu merasa jumlah saldonya masih banyak. Oleh karena itu, untuk menghindari saldo ‘lenyap’ begitu saja, saran PINA, kamu rutin memeriksa tabungan, bukan hanya sesekali atau ketika ingat saja.

Bukan hanya cek saldo tabungan, kamu juga bisa mengelola keuangan pribadi dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan keuangan lainnya. Meski simpel, jika dilakukan dengan rutin, cara ini bisa, lho, menambah kekayaan kamu.

Sebuah studi dari Duke University menemukan bahwa kebiasaan-kebiasaan kecil itu berkontribusi membentuk 45% perilaku sehari-hari. Nah, jika kamu ingin terus meningkatkan kekayaan, mulailah dengan menerapkan hal-hal kecil berkaitan dengan uang yang dapat membuat kamu terbiasa mengelola keuangan dengan saksama demi masa depan finansial yang lebih baik.

Melakukan hal-hal kecil tersebut tidak perlu lama-lama, kok. Misalnya, cukup lima menit setiap hari untuk memantau pemasukan dan pengeluaran, serta menambah saldo tabungan dan investasi.

Siap melakukan kebiasaan baru simpel yang dapat membantu kamu mengelola keuangan pribadi dengan lebih baik? Checklist berikut dapat jadi panduan kamu!

Kebiasaan Harian (waktu: 5 menit)

  • Cek rekening tabungan

    Untuk memastikan semua pemasukan dan pengeluaran akurat, tidak ada transaksi mencurigakan, serta memperoleh gambaran kondisi keuangan kamu hari itu.

  • Cek berita keuangan

    Membaca, menonton, atau mendengarkan informasi-informasi finansial untuk mengikuti perkembangan isu keuangan yang dapat memengaruhi kehidupan kamu, misalnya harga gas rumah tangga atau bahan bakar naik atau turun.

  • Cari ide untuk menambah pendapatan.

    Temukan inspirasi dari sekitar kamu yang bisa jadi cara untuk menambah pendapatan ke depannya.

  • Review pengeluaran

    Catat lagi apa yang sudah kamu beli, jual, dan transaksi keuangan lainnya yang kamu lakukan hari itu.

Kebiasaan Mingguan (waktu: 10 menit)

  • Cek bujet mingguan

    Kamu hanya memiliki beberapa transaksi dalam seminggu, sehingga cara ini memudahkan kamu mencatat pemasukan, pengeluaran, dan kondisi keuangan pribadi.

  • Cek pemasukan pasif dan sampingan

    Langkah ini untuk memastikan investasi, tempat tinggal (rumah atau apartemen) yang kamu sewakan, bisnis online, dan sumber penghasilan sampingan kamu lainnya berjalan lancar.

  • Cek pembayaran kartu kredit dan tagihan lainnya

    Periksa tagihan setiap minggu untuk mencegah keterlambatan pembayaran, timbulnya utang dan denda, sekaligus menjaga bujet pengeluaran.

Kebiasaan Bulanan (waktu: 60 menit)

  • Meningkatkan tabungan minimal 1%

    Menambah besar uang yang ditabung dibanding bulan sebelumnya tentu mempercepat mencapai tujuan keuangan, meskipun penambahannya sedikit demi sedikit.

  • Bayar tagihan bulanan

    PINA sarankan membayar tagihan secara manual, bukan otomatis, sehingga kamu bisa mengetahui dan mengecek jumlah pengeluaran, serta mencegah adanya eror ketika membayar.

  • Analisis cash flow pribadi dan bisnis

    Setiap bulan, cari tahu berapa dan dari mana dana pemasukan serta pengeluaran, juga bagaimana kamu menggunakan sisa dana (jika ada!).

  • Review dan tentukan bujet bulanan

    Jika ada sisa bujet bulanan karena pengeluaran kurang dari rencana, misalnya pengeluaran untuk transportasi masih ada sisa dari yang dianggarkan, masukkan sisa tersebut ke tabungan atau investasi.

Kebiasaan Empat-bulanan (waktu: 60 menit)

  • Cek perkembangan tabungan dan investasi

    Setelah empat bulan, lihat lagi bagaimana pergerakan simpanan dan investasi kamu, apakah kira-kira mampu memenuhi target keuangan atau tidak?

  • Cek target dari alokasi aset investasi

    Cek portofolio investasi dan lihat apakah alokasi aset kamu masih berjalan baik. Jika perlu, kamu dapat membuat beberapa perubahan pada pilihan investasi kamu—dengan melihat kondisi pasar—supaya proyeksi target keuangan dapat tercapai.

    Untungnya, kamu dapat memilih dan mengelola investasi favorit—mulai dari saham hingga reksa dana—sesuai risiko dan tujuan finansial kamu tanpa ribet dengan PINA. Kamu akan mendapat portofolio terbaik yang dimonitor dan dikelola otomatis supaya memperoleh keuntungan maksimal.

  • Cek kinerja penghasilan pasif dan sampingan

    Jika kamu punya bisnis atau pekerjaan sampingan, tinjau ulang apakah hal tersebut memberikan hasil yang menguntungkan dan sesuai target sejauh ini. Ketika tidak sesuai harapan, kamu bisa menetapkan strategi baru agar bisa mencapai target tersebut.

  • Proyeksi cash flow untuk bulan-bulan berikutnya

    Selain membuat bujet untuk bulan ini, penting untuk membuat perkiraan jumlah pemasukan selama 3-6 bulan berikutnya—terutama kalau kamu punya sumber pemasukan yang bervariasi—sehingga dapat membuat perencanaan keuangan dalam jangka panjang.

  • Review tujuan keuangan

    Perubahan kondisi keuangan pribadi dapat mengubah tujuan keuangan yang sudah dibuat. Misalnya, kamu mendadak dapat bonus atau komisi dari kantor karena kinerja yang baik. Bonus tersebut dapat kamu gunakan untuk melunasi utang yang tadinya ditargetkan akan dilunasi pada akhir tahun. Jadi, kamu bisa membuat tujuan keuangan baru karena utang telah lunas.

Kebiasaan Tahunan (waktu: 180 menit)

  • Review bujet dalam setahun

    Apakah bujet tahunan kamu berjalan sesuai rencana? Apa pernah pengeluaran kamu melebihi bujet? Tinjau ulang bujet tahunan kamu dan lakukan perubahan jika perlu.

  • Siapkan pembayaran pajak

    Akhir tahun adalah waktunya bersiap membayar pajak tahunan. Lakukan inventarisasi aset dan hitung pajak dengan teliti supaya pembayarannya sesuai ketentuan hukum.

  • Review akun berlangganan

    Cek lagi akun-akun berlangganan kamu pada berbagai layanan, seperti streaming hiburan, musik, koran atau majalah digital, pemakaian aplikasi, game, juga keanggotaan gym, club, dan lainnya. Jika ada yang jarang atau tidak pernah dipakai sama sekali, langsung cancel untuk menghemat pengeluaran.

  • Review kinerja portofolio investasi

    Review apakah strategi investasi yang selama ini dilakukan sudah tepat dan memberikan hasil yang diharapkan atau belum. Jika diperlukan, kamu bisa mengubah strategi berinvestasi supaya portofolio kamu efektif membawa cuan di tahun mendatang.

  • Proyeksi cash flow untuk tahun berikutnya

    Hitung perkiraan pemasukan dan semua pengeluaran kamu untuk satu tahun ke depan dengan mempertimbangkan aset dan kondisi keuangan kamu saat ini. Kamu jadi bisa melihat dengan jelas berapa kira-kira banyak uang dan aset yang kamu punya di masa depan.

Itulah kebiasaan-kebiasaan yang bisa kamu lakukan secara berkala untuk mengelola keuangan pribadi kamu. Ingat, ya, lakukan dengan konsisten, cara yang tepat, dan tekun untuk memperoleh kebebasan finansial yang kamu impikan.

Pina

Pina

Content Writer Team