Cara Beli Saham di Aplikasi PINA

Tutorial berikutnya dari PINA untuk memudahkan langkah awalmu untuk segera berinvestasi di pasar modal Indonesia.

 

Sebelum kita mulai membeli saham, pastikan kamu sudah top up rekening investasi atau RDN kamu. Jika masih bingung cara topup akun investasi, ikuti tutorial topup akun investasi di PINA.

1. Masuk ke bagian “Invest”

Setelah top up RDN, tunggu beberapa saat agar RDN kamu berubah menjadi buying power. Di sini ada dua buying power, yang pertama buying power reksa dana dan buying power saham. Kamu bisa melihatnya di page “Invest” pada bagian pojok atas.

2. Klik “Cari Investasi” di bagian kanan di bawah lingkaran chat

Kamu bisa cari saham yang ingin kamu investasikan di bagian cari saham. Ada banyak cara kamu dapat memilih saham, lewat ranking, sektoral, maupun tematik.

3. Ketik nama saham incaranmu pada kolom pencarian untuk mencari saham

Nah, kalau kamu sudah punya saham incaran sendiri, kamu bisa langsung ketik namanya. Nantinya di page saham pilihanmu bisa kamu pantau pergerakan harganya. Nominal di atas adalah harga 1 lembar saham. Kamu juga bisa melihat performa saham pada bagian bawah berdasarkan waktu 1 hari, 1 minggu, 1 bulan, 1 tahun, 5 tahun, atau keseluruhan.

4. Klik “Beli” di bagian kiri bawah

Sudah mantep ingin membeli saham? Tinggal klik “Beli” pada bagian kiri bawah.

5. Masukkan jumlah lot dan harga saham yang kamu inginkan

Kamu bisa beli saham dengan dua cara, pertama kamu bisa beli per lot atau memilih dari order book pada bagian bawah 1 lot sama adalah 100 lembar saham.

6. Klik “Beli” dan transaksimu akan segera diproses

Kalau sudah, bisa langsung klik “Beli” dan pembelian kamu akan langsung diproses. Status pembelian saham kamu dapat kamu pantau dengan pergi ke page “Invest” dan klik “Order & History”. Tetapi proses pembelian saham kamu akan berhasil jika harganya sesuai dengan harga pasar saat itu.

Bagaimana, mudah kan membeli, memantau, dan melihat peforma saham di PINA. Selamat berinvestasi!


Apa bedanya buying power reksa dana dan buying power saham?

Seperti namanya, buying power reksa dana adalah saldo rekening investasi yang bisa digunakan oleh investor buat jadi saldo acuan jual-beli reksa dana. Sedangkan, buying power saham untuk jual beli saham. Untuk catatan, kalau misalkan kamu baru saja menjual saham baru akan bertambah maksimal H+2 hari kerja bursa.

Apa itu order book?

Order book adalah daftar yang menampilkan informasi penawaran harga jual dan beli secara real time atau di waktu saat ini. Artnya harga jual beli saham bisa berubah-ubah.

Pina

Pina

Content Writer Team