Cara Belajar Investasi Saham untuk Pemula: Kenali Investasi Bodong

Waspada penipuan berkedok investasi, ini cara belajar main saham untuk pemula yang aman.

Ketika membaca berita tentang ditutupnya beberapa robot trading ilegal oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saya jadi teringat cerita seorang teman. Beberapa waktu lalu ia bilang sedang mencoba investasi robot forex. Dengan antusias ia menceritakan keuntungan yang ia dapat dari investasi kecil-kecilan. Pengalamannya selama dua bulan, membuatnya sangat puas. Ia juga mengajak saya untuk mencobanya. Terus terang saya sempat tertarik, tapi memutuskan menolak ajakannya dan memilih mencari cara lain untuk belajar main saham untuk pemula.

Pandemi memang sepertinya mendorong terjadinya euforia investasi. Saat berbagai kegiatan ekonomi macet, investor-investor baru (baca: orang-orang yang belum pernah berinvestasi) banyak bermunculan. Sayangnya, alih-alih melakukan riset tentang cara belajar main saham untuk pemula, kebanyakan maunya sukses berinvestasi dengan cara instan. Celah ini yang dimanfaatkan oleh pelaku penipuan berkedok investasi alias investasi bodong.

Kenali Modusnya

Penipuan berkedok investasi dengan iming-iming bisa menggandakan uang modal dalam waktu singkat, sesungguhnya bukan hal baru. Penipuan seperti ini sudah lama terjadi, bedanya sekarang  ramai juga modus investasi bodong yang baru seiring teknologi. Kalau dulu dukun-dukun berjanji bisa menggandakan uang, zaman sekarang penipu menggunakan aplikasi atau media sosial telegram sebagai media untuk memperlancar modus penipuan, lho.

Berikut beberapa modus yang menghebohkan di Indonesia yang membuat saya merasa mesti makin hati-hati memilih aplikasi investasi tepercaya:

  • Koperasi simpan pinjam (KSP) online

    Umumnya menjanjikan imbal hasil bunga tinggi bagi para anggota yang menempatkan dananya di koperasi, menawarkan produk investasi lain seperti pertanian dan budidaya perikanan, serta mengutip iuran bagi yang ingin menjadi anggota.

  • Penyewaan mesin penambang kripto

    Baru-baru ini aplikasi bernama CSP Mine dilaporkan melakukan penipuan. Modusnya meminta anggota menyetorkan dana untuk menyewa mesin penambangan kripto dengan menjanjikan profit besar dan flat. Untuk membuat anggota percaya, di awal anggota disebut bisa melakukan penarikan.

  • Robot trading ilegal

    Robot trading menjalankan transaksi secara otomatis dengan membaca algoritma pergerakan pasar untuk menentukan tindakan beli atau jual. Menggunakan robot trading, investor tidak perlu repot memantau pasar dan memikirkan strategi beli dan jual sehingga dianggap cara main saham yang ramah untuk pemula. Robot trading semakin populer dan semakin banyak penggunanya. Beberapa fitur aplikasi investasi tepercaya juga ada memiliki fitur tersebut. Sayangnya, banyak situs investasi ilegal alias bodong yang juga memanfaatkan robot trading sebagai kedok.

  • Investasi suntik modal (sumod) abal-abal

    Salah satu yang menghebohkan adalah kasus sumod alat kesehatan yang menipu hingga triliunan rupiah. Modusnya adalah memberi iming-iming keuntungan hingga 30 persen dengan validasi surat perintah kerja dari Kementerian Kesehatan terkait sehingga terlihat meyakinkan. Padahal semua itu fiktif. Modal yang disetor pun melayang dibawa kabur pelaku penipuan.

Baca Juga: Hati-hati Bahaya Investasi Hanya Karena FOMO

Lebih Baik Cari Aman Saja

Memang, saat ini dengan modal tak besar dan teknologi, semua orang dapat mulai praktik langsung cara belajar main saham untuk pemula secara mudah. Tapi supaya modal kamu aman dan tidak tertipu, ada beberapa cara untuk mengenali investasi bodong.

Yang paling umum adalah menjanjikan keuntungan yang tidak masuk akal. Sejumlah robot trading ilegal mengiming-imingi rasio keuntungan (winning rate) hingga hampir 90 persen bahkan tidak pernah loss. Mengutip dari Kompas.com,  Ketua Satgas Waspada Investigasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Tongam L. Tobing bilang, investasi bodong bisa dideteksi apabila kita menemukan ciri-ciri seperti, imbal hasil investasi yang diberikan atau dijanjikan berada di luar batas kewajaran dan biasanya diberikan dalam waktu singkat.

Katanya, investasi bodong biasanya juga mengharuskan investor untuk merekrut anggota yang lain. Bahkan ada yang menjanjikan komisi, bonus, atau imbal balik investasi jika berhasil merekrut anggota baru. Mereka juga tidak menjelaskan kantor perusahaan berada, bagaimana cara mengelola investasi, dan siapa saja pengurus yang bertanggung jawab.

Ciri lain dari investasi bodong adalah tidak memiliki lisensi, dan apabila berbentuk barang, barangnya berkualitas rendah. Di laman resmi Otoritas Jasa Keuangan, disebutkan ciri utama penipuan berkedok investasi adalah tidak dimilikinya dokumen perizinan yang sah dari regulator (pengawas) terkait seperti Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, Badan Pengawas dan Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti)-Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, dan lain-lain.

O iya, saat mempelajari cara main saham untuk pemula saya jadi tahu kalau sebetulnya mudah untuk tahu apakah aplikasi investasi itu tepercaya. OJK selalu memperbarui daftarnya perusahaan yang mendapat izin. Selain itu untuk tahu fintech yang berstatus tercatat/terdaftar/berizin dari regulator bisa juga dilihat di cekfintech.id. Laman ini diluncurkan oleh Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) sebagai upaya agar masyarakat tidak tertipu investasi bodong dan pinjaman online (pinjol) ilegal. 

Baca Juga: Takut Risiko Tinggi Saham? Kelola Investasi Kamu dengan Cara Ini!

Dari pengamatan saya, agar tak mudah tergiur investasi bodong kamu perlu ingat bahwa investasi itu perlu waktu. Reksa dana dan saham termasuk yang aman bagi investor pemula. Mau belajar main reksa dana atau saham untuk pemula? Baiknya kenali dulu profil risiko dan tujuan investasi kamu. Kamu bisa mengecek profil risiko kamu di PINA. Lalu, tetapkan tujuan investasi kamu, misalnya dana darurat, tabungan rumah, dana pensiun. Apapun tujuan finansial kamu, PINA bakal memandu kamu membangun portofolio yang dipersonalisasi sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa mendapatkan info akurat mana saham atau reksa dana yang sesuai dengan goal dan bujet. Kamu juga bisa memantau pergerakan portofolio kamu kapan saja di aplikasi. Easy!

 

* Penulis adalah pekerja lepas yang ingin berinvestasi untuk mengembang aset secara aman.

Pina

Pina

Content Writer Team