4 Jenis Kalkulator Investasi yang Dapat Bantu Kamu Menghitung Keuntungan Secara Maksimal

Ingin dapat keuntungan investasi secara maksimal? Hitung dulu dengan kalkulator investasi agar kamu bisa memprediksikan berapa lama waktu dan modal yang dibutuhkan untuk mendapatkan imbal hasil yang maksimal.

Kalkulator investasi menjadi peranti penting yang harus disiapkan sebelum memulai investasi. Dalam berinvestasi analisis dan penghitungan cermat menjadi hal penting yang harus dilakukan. Jika mengabaikan dua hal itu, maka alih-alih untung, investasi yang Sobat PINA lakukan justru akan buntung.

Tidak mau seperti itu kan? Itulah sebabnya, pada langkah awal, keputusan untuk memilih instrumen investasi jadi bagian penting yang harus dipertimbangkan. Setelah itu, analisa dan penghitungan jumlah dana investasi juga harus sobat PINA lakukan. Untuk hal yang terakhir ini, memang tidak mudah dilakukan.

Untuk memudahkan, Sobat PINA bisa melakukan penghitungan dengan kalkulator investasi. Layaknya kalkulator pada umumnya, kalkulator investasi memiliki fungsi yang sama, yakni menghitung suatu kombinasi perhitungan. Namun, perhitungan pada kalkulator ini lebih memberikan informasi spesifik terkait dengan menghitung investasi.

Hasil penghitungan pun dipengaruhi oleh sejumlah variabel pendukung yang dapat disesuaikan dengan kemampuan finansial Sobat PINA. Dengan begitu, informasi hasil penghitungan yang dihasilkan oleh kalkulator investasi ini bisa memberikan gambaran yang lebih relevan. Nah, gambaran inilah yang kemudian bisa kamu gunakan sebagai acuan dalam menanamkan investasi.

Bagaimanapun, sebagai seorang investor, sobat PINA perlu belajar melakukan perhitungan agar bisa mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan. Di sinilah, kamu akan memerlukan kalkulator investasi. Sudah mulai penasaran tentang kalkulator investasi dan jenis-jenisnya? Baca artikel ini sampai selesai karena PINA akan bantu kamu untuk memahami kalkulator investasi agar bisa cuan saat investasi.

Apa itu Kalkulator Investasi?

Sebelum membahas lebih jauh soal kalkulator investasi, baiknya Sobat PINA mengenalnya terlebih dulu. Kalkulator investasi merupakan alat hitung otomatis yang khusus diperuntukkan bagi calon investor atau investor saat akan menanamkan modalnya pada instrumen tertentu. Biasanya, berbagai penyelenggara kalkulator investasi hanya menyediakan kalkulator sebagai sarana simulasi investasi.

Dengan begitu, pengguna setidaknya memiliki gambaran soal bagaimana dana investasi ke depannya bisa bertumbuh dan menghasilkan keuntungan. Meski begitu, Sobat PINA patut tahu bahwa layanan kalkulator investasi ini tetaplah sebatas simulasi belaka. Jadi bisa dibilang penghitungan yang dihasilkan kalkulator ini memiliki nilai prediksi bukan nilai akurat.

.Itu artinya, hasil perhitungan kalkulator investasi tidak sepenuhnya merepresentasikan hasil investasi secara aktual yang kamu peroleh nantinya. Oleh karena itu, akan sangat fatal jika kamu betul-betul menjadikan kalkulator investasi ini sebagai patokan atau tolak ukur pasti. Informasi ini sangat tegas dicantumkan oleh setiap penyelenggara. Namun, kalkulator ini tetap penting untuk investor karena sebagai gambaran return yang didapat dari menanamkan modal pada suatu instrumen investasi.

Menemukan Kalkulator Investasi

Bagaimana, tertarik untuk menggunakan kalkulator investasi? Jika memang ingin memakainya pelajari terlebih dahulu cara memakainya. Sobat PINA bisa mendapatkan kalkulator investasi ini secara online. Caranya mudah, di kolom pencarian search engine, Sobat PINA cukup ketik kalkulator investasi, maka akan muncul banyak sekali platform kalkulator investasi yang tersedia.

Masing-masing platform yang muncul di mesin pencari, menawarkan fitur perhitungan dengan jenis yang bervariasi. Tak ada salahnya kamu mencoba setiap variasi tersebut untuk mencari perkiraan kasar potensi investasi yang akan kamu pilih. Meski begitu, diperlukan ketelitian saat memilih suatu platform kalkulator investasi. 

Cara paling mudah adalah dengan memastikan platform tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebab, meskipun hasil penghitungannya hanya bersifat estimasi, tetapi setidaknya perhitungan tersebut dilakukan oleh penyelenggara yang kredibel dan legal.

Jenis-Jenis Kalkulator Investasi

Saat mengetikkan kata kalkulator investasi di mesin pencarian, muncul banyak sekali platform tersebut dengan bermacam-macam variasi hitungan.

Nah, untuk membedakannya, beberapa pengamat telah mengelompokkan platform tersebut ke dalam beberapa jenis. Di antaranya adalah:

1. Penghitungan investasi akhir

Banyak platform menggunakan redaksi kalimat yang berbeda, tetapi pada dasarnya fungsinya sama. Kalkulator jenis ini akan memberikan perkiraan nilai hasil investasi yang akan diperoleh. Umumnya muncul dari perhitungan dana awal investasi, pemilihan jangka waktu (apakah bulanan atau tahunan), serta pemilihan profil risiko. Kamu perlu tahu, di beberapa platform lain mengharuskan pengguna mencantumkan persentase inflasi per tahun.

2. Penghitungan dana yang perlu disiapkan

Pada kalkulator jenis ini, penghitungan sengaja dilakukan untuk mencari seberapa besar dana yang perlu investor siapkan untuk sekali investasi di awal. Variabel hitung-hitungannya lainnya tidak jauh berbeda. Dengan begini, tentu nilai yang muncul akan lebih besar dibandingkan nilai investasi bulanan.

3. Penghitungan investasi bulanan

Seperti namanya, kalkulator ini dipakai untuk memprediksi atau menghitung investasi secara bulanan. Ada hal yang perlu sobat PINA ketahui perihal jenis kalkulator investasi ini. Pertama, ada kalkulator yang memang mencari berapa jumlah dana investasi yang diperlukan setiap bulan.

Kedua, ada juga kalkulator yang mengarahkan Sobat PINA pada pengisian data variabel dana investasi bulanan yang dimiliki saat ini, sehingga nantinya bisa ditemukan hasil investasi akhir. Jenis kalkulator ini akan memudahkan sobat PINA untuk memprioritaskan fase investasi secara rutin.

4. Periode

Jika Sobat PINA memiliki sejumlah dana dengan proyeksi nilai investasi akhir, tetapi belum tahu berapa lama harus berinvestasi, maka sebaiknya pilihlah kalkulator yang lengkap dengan penghitungan periode investasi. Setelah melengkapi kolom variabel yang disediakan, perkiraan jangka waktu tahunan otomatis muncul tanpa harus menghitung manual.

Mengenal Profil Risiko dalam Investasi

Sobat PINA, sudah pernah mendengar istilah profil risiko dalam investasi? Profil risiko merupakan salah satu variabel ukur yang mempertimbangkan kemampuan kamu dalam menerima risiko. Kolom ini biasanya terdapat dalam kalkulator investasi yang disediakan bank.

Namun, ada juga dalam kalkulator penyelenggara lainnya. Jika sobat PINA tergolong investor pemula, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu masing-masing kriteria profil risiko. Dengan begitu, hasil perhitungan yang kamu lakukan pun akan lebih valid.

1. Konservatif

Di tingkat risiko ini, investor tidak lagi mempermasalahkan return investasi yang kecil dengan catatan dana awal yang ditempatkan tetap utuh. Akibatnya, investor akan lebih tertarik berinvestasi dengan produk berisiko kecil atau justru tanpa risiko.

2. Moderat

Pada tingkat risiko ini, investor sudah lebih fleksibel lagi dalam menerima kemungkinan risiko, meski tetap sambil mengukur-ukur agar risiko yang diterima tidak terlalu besar berdampak. Dengan begitu, instrumen yang tepat berada pada kategori yang tergolong cukup aman.

3. Agresif

Jika Sobat PINA memilih untuk menjadi investor dengan kategori agresif dalam perhitungan kalkulator investasi, maka bisa dipastikan Sobat PINA adalah pemain lama dalam pasar bursa. Pada tingkatan risiko ini, investor biasanya sudah terbiasa dengan nilai saham yang fluktuatif sehingga dapat beradaptasi sangat baik bahkan disaat keadaan mengkhawatirkan sekalipun. 

Dengan mengetahui profil risiko, menghitung kalkulator investasi akan lebih akurat. Nah, itulah jenis-jenis kalkulator investasi dan penjelasan cara menggunakannya. Agar tidak salah pilih, kamu bisa mencoba berinvestasi dengan mudah bebas di platform PINA, aplikasi keuangan All-in-One. PINA merupakan aplikasi investasi terbaik untuk jual-beli saham dan reksadana, atau coba investasi yang di-automasi untuk raih financial goal bebas stress.

Di aplikasi PINA juga terdapat dua kalkulator yang bisa kamu gunakan yakni kalkulator dana pensiun dan kalkulator rumah impian yang bantu kamu dalam mewujudkan financial goals di masa depan. Selain memiliki fitur kalkulator, di aplikasi PINA kamu juga berinvestasi saham maupun reksadana.

Nah, kebetulan ada penawaran menarik untuk investor pemula yang mulai berinvestasi, setiap pembelian investasi di PINA dengan modal awal Rp1.000.000 kamu akan mendapatkan cashback tambahan sebesar Rp250.000! Jadi, tunggu apalagi? Segera daftarkan akun investasi (RDN)mu di PINA, depositkan dana, lakukan pembelian investasi di saham atau reksadana pilihanmu.

Pina

Pina

Content Writer Team