3 Cara Investasi Saham yang Wajib Diketahui untuk Wujudkan Financial Goals di Masa Tua!

Ingin mewujudkan financial goals atau tenang di masa tua? Ayo belajar cara investasi saham yang tepat biar bisa dapat keuntungan maksimal.

Untuk mewujudkan financials goals dibutuhkan perencanaan keuangan yang baik serta mulai rajin berinvestasi di usia muda. Sebab,bergantung pada tabungan dan aset yang dimiliki saat ini saja tidak akan cukup untuk mewujudkan tujuan keuangan jangka pendek maupun jangka panjang. Salah satu instrumen investasi yang sobat PINA bisa coba adalah investasi saham.

Lantas, bagaimana cara investasi saham yang tepat agar bisa menghasilkan keuntungan maksimal?  Semuanya akan kami bahas pada artikel kali ini, jadi jangan lupa baca sampai selesai, ya.

Jika kamu hanya menyimpan uang tabungan di bank selain uang yang tersimpan nilainya akan termakan inflasi, bank juga membebankan biaya admin pada pemilik rekening. Jumlah biaya admin biasanya tidak besar jika dibandingkan dengan isi tabungan tapi tetap saja lama-kelamaan uangmu dalam tabungan akan berkurang.

Selain menabung salah satu pilihan terbaik untuk menyimpan uangmu adalah dengan cara investasi saham. Jenis investasi yang satu ini paling banyak diminati karena keuntungan dalam jangka panjang yang dihasilkan bisa berkali kali lipat. Namun, perlu kamu perhatikan dengan keuntungan tinggi datang juga risiko investasi yang besar pula (high risk, high return). Oleh karena itu, sebelum memulai investasi saham, sobat PINA harus mengetahui cara kerjanya terlebih dahulu.

Cara kerja investasi saham sendiri adalah sobat PINA membeli sebagian kecil hak kepemilikan dari sebuah perusahaan. Misalnya kamu membeli saham dari sebuah perusahaan transportasi sebanyak satu lot, bisa dibilang kamu merupakan salah satu pemilik dari perusahaan tersebut. Saham yang kamu beli sendiri sifatnya termasuk liquid atau bisa diperjualbelikan di pasar modal.

Instrumen investasi yang likuid cukup menguntungkan investor karena saat sedang membutuhkan uang untuk diinvestasikan ke instrumen lain atau digunakan, sobat PINA bisa mencarikan saham yang kamu miliki dengan menjualnya di pasar saham. Lantas, kenapa banyak orang yang tertarik untuk menanamkan modalnya di instrumen saham? Apa saja keuntungan dan cara kerja dari instrumen investasi yang satu ini? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Aja Sih Keuntungan Investasi Saham?

Banyak investor pemula tertarik dengan imbal hasil atau return dari main saham. Sebenarnya, keuntungan apa saja yang didapatkan sobat PINA ketika mulai main saham?

1. Capital Gain

Semakin berkembangnya perusahaan yang sahamnya kamu miliki biasanya akan diikuti dengan naiknya harga saham dari perusahaan tersebut. Kenaikan harga saham yang terjadi ini bisa memberikan keuntungan bagi pemegang saham saat menjualnya pada harga tertentu yang lebih tinggi dari harga beli, hal inilah yang disebut dengan capital gain.

2. Dividen Saham

Selain keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat menjual saham dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli, sobat PINA juga bisa mendapatkan dividen dari main saham. Dividen merupakan pembagian laba untuk para pemegang saham berdasarkan jumlah slot saham yang dimiliki. Jadi semakin banyak saham yang kamu miliki dari suatu perusahaan, dividen yang kamu terima juga akan semakin besar. Namun, pembagian dividen tidak dilakukan setiap bulan, melainkan hanya 6 bulan sampai 1 tahun sekali saja.

3. Fleksibel

Dengan perkembangan teknologi pada zaman modern ini kamu bisa melakukan investasi saham kapan pun dan dimanapun dengan menggunakan aplikasi keuangan All-in-One PINA di smartphone kamu. Dengan begitu, sobat PINA bisa memantau pergerakan saham di ponsel sambil menjalankan kegiatan dan bekerja seperti biasa.

Sama seperti instrumen investasi lainnya, investasi saham juga memiliki risiko tersendiri. Oleh karena itu, pastikan kamu mempelajari cara investasi saham yang tepat agar tidak salah langka dan menghindari kerugian di masa depan.

Cara Memulai Investasi Saham untuk Pemula

Cara investasi saham termudah adalah melalui aplikasi mobile seperti PINA karena kamu bisa daftar kapan saja dan di mana saja. Sebelum memulai investasi saham di aplikasi mobile, sobat PINA harus mengikuti beberapa langkah yang diperlukan sebagai berikut.

1. Buat Rekening Dana Nasabah

  • Siapkan berkas yang dibutuhkan sebagai syarat pembuatan rekening seperti: KTP untuk warga negara Indonesia (WNI), KITAS dan paspor untuk warga negara asing (WNA), nomor pokok wajib pajak (NPWP) jika memiliki, dan jika tidak punya kamu bisa melampirkan NPWP orang tua atau pasangan, copy bagian cover buku tabungan, dan materai.
  • Pilih sekuritas untuk membuat rekening dana nasabah. Sobat PINA bisa memilih bank mana saja yang bisa membuat RDN tapi pastikan kebijakan bank yang kamu pilih tidak memberatkan dan sesuai dengan kebutuhanmu. Jangan lupa kamu harus memastikan kalau bank sekuritas yang kamu pilih harus sudah yang berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  • Isi formulir dengan benar sesuai dengan informasi yang dibutuhkan.
  • Selanjutnya biasanya kamu akan diminta untuk mengisi deposit awal sebelum akun diaktifkan dan bisa digunakan. Besaran deposit ini berbeda beda tergantung dari bank mulai yang rendah sekitar Rp100.000 hingga Rp3.000.000.

2. Pilih Saham

Setelah memiliki RDN dan mengaktifkannya sobat PINA bisa menggunakan akun untuk membeli saham yang kamu inginkan.Sebelum membeli saham dari sebuah perusahaan kamu harus membaca laporan keuangan dalam beberapa tahun terakhir dan laporan kinerja perusahaan tersebut. Tujuannya agar kamu bisa memproyeksikan bagaimana pergerakan saham perusahaan tersebut dalam beberapa waktu kedepan.

Cara investasi saham untuk jangka panjang dan pendek sebenarnya tidak jauh berbeda berbeda, kecuali untuk jangka panjang kamu harus lebih mempertimbangkannya dengan baik. Jenis saham yang fundamental yang baik adalah yang harus sobat PINA cari.

Sebagai investor pemula, sebaiknya sobat PINA membeli saham perusahaan yang memiliki riwayat yang baik atau sering disebut dengan saham blue chip. Saham ini memiliki tren yang cenderung naik setiap tahunnya, jadi kamu bisa mendapat keuntungan di masa depan.

3. Pantau Pasar

Setelah mengetahui cara investasi saham yang tepat, sobat PINA bisa mengamati pergerakan pasar pada setiap periode. Sobat PINA tidak perlu melihat pergerakan setiap saat yang nantinya malah akan membuatmu anxious jika ada penurunan dalam waktu singkat, sedangkan yang kamu incar adalah keuntungan in the long run. Sobat PINA bisa memantau dari sosial media atau para ahli saham yang menyebarkan hasil pengamatannya setiap hari. 

Jika kamu melihat pergerakan pasar mulai turun untuk saham suatu perusahaan dan berpeluang naik setelah beberapa waktu kamu bisa membelinya demi mencari keuntungan. Setiap keputusan yang kamu buat akan berpengaruh pada aset yang kamu miliki jadi sebelum memutuskan sesuatu pastikan semua risiko wajib sudah kamu pikirkan agar tidak menyesal.

Nah, itulah beberapa cara investasi saham beserta keuntungannya. Bagaimana, kira-kira sobat PINA sudah mulai tertarik? Investasi saham memang salah satu instrumen yang banyak dipilih masyarakat karena menawarkan keuntungan yang besar baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Namun, risiko fluktuasi pasarnya juga tinggi, jadi pastikan sobat PINA memahami cara main saham dengan benar untuk mengurangi risiko kerugian di masa depan.

Untuk sobat PINA yang ingin coba main saham, jangan lupa memilih sekuritas dan aplikasi saham yang sudah terdaftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk menghindari risiko penipuan. Salah satu platform investasi terpercaya dan sudah terdaftar OJK yang bisa kamu coba adalah aplikasi keuangan PINA. 

PINA merupakan aplikasi keuangan All-in-One yang bisa bantu kamu kelola keuangan, belajar investasi, sekaligus jadi platform investasi terpercaya yang bisa kamu coba. Nah, kebetulan ada penawaran menarik untuk investor pemula yang baru mulai berinvestasi, setiap pembelian investasi di PINA dengan modal awal Rp1.000.000 kamu akan mendapatkan cashback tambahan sebesar Rp250.000! Jadi, tunggu apalagi? Segera daftarkan akun investasi (RDN)mu di PINA, depositkan dana, lakukan pembelian investasi di saham atau reksadana pilihanmu.

 

Pina

Pina

Content Writer Team