10 Aplikasi Keuangan Terbaik untuk Finansial Sehat di Masa Depan

Ingin mengatur keuangan lebih baik agar bisa memenuhi dana pensiun sesegera mungkin? Kamu bisa gunakan aplikasi keuangan untuk mengecek pengeluaran dan pemasukan lebih detail agar bisa melakukan evaluasi bulanan.

Menurut survey yang dikeluarkan Lifepal pada tahun 2021, terdapat 90,7% masyarakat di Indonesia tidak memiliki dana darurat dan hanya bergantung pada gaji. Hal ini tentu berbahaya mengingat pentingnya mengatur uang bulanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, menabung serta mewujudkan tujuan keuangan. Untungnya, saat ini mengatur keuangan sudah tidak perlu menggunakan pembukuan keuangan, bisa menggunakan aplikasi keuangan yang lebih praktis.

Pengelolaan keuangan yang buruk bisa berujung pada kebiasan berhutang yang sulit untuk dihentikan. Oleh karena itu, kamu harus mulai belajar kelola keuangan lebih baik lagi. Kamu harus bisa membagi pemasukan kamu ke dalam beberapa pos keuangan seperti tagihan bulanan, membayar cicilan, pengeluaran, menabung, berinvestasi, dan menyisihkan untuk dana darurat.

Salah satu cara mengatur keuangan yang paling umum adalah dengan menggunakan prinsip 50/30/20, yaitu mengalokasikan 50% untuk kebutuhan, 30% keinginan, dan 20% untuk ditabung. Prinsip ini dipopulerkan oleh Elizabeth Warren dan Amelia Warren dalam buku All Your Worth: The Ultimate Lifetime Money Plan.

Selain cara yang disebutkan Elizabeth Warren di atas, ada beberapa cara mengatur keuangan lain yang bisa digunakan. Namun, langkah pertama yang harus dilakukan dalam mengatur keuangan adalah mencatat pengeluaran dan pemasukan secara terperinci agar bisa melakukan evaluasi keuangan di akhir bulanan.

Jangan khawatir, untuk mempermudah sobat PINA dalam mengatur keuangan, sekarang banyak aplikasi keuangan yang bisa kamu gunakan. Berikut ini beberapa rekomendasinya:

1. Sribuu:Money Management App

Sribuu merupakan salah satu aplikasi pengelola keuangan yang ada di platform Android dan iOS. Aplikasi ini punya beberapa fitur utama, pertama mencatat transaksi secara manual dan otomatis jadi user bisa melihat setiap pengeluaran yang dilakukan. Selanjutnya, ada fitur mengatur budget, fitur ini bisa kamu gunakan untuk mengontrol pengeluaran dan akan memberikan analisis serta rekomendasi dari para ahli financial planner yang akan membuat pengaturan keuangan menjadi lebih baik.

Aplikasi keuangan yang satu ini juga mempunyai teknologi Artificial Intelligence (AI) yang akan memberikan rekomendasi personal sesuai dengan kebiasaan user menggunakan data dari saat kamu memakai aplikasi ini. Aplikasi keuangan ini juga memiliki fitur pencatatan otomatis yang bisa terhubung dengan rekening bank dan dompet elektronik sehingga transaksi elektronik kamu bisa memantau arus pengeluaran bulanan kamu.

2. Monefy - Budget & Expenses app

Monefy merupakan aplikasi keuangan yang memiliki tampilan yang segar dan unik karena menggunakan ikon untuk tiap kategorinya sehingga lebih segar dilihat. Dari tampilan awal, sobat PINA sudah bisa melihat pie chart yang menggambarkan beberapa pos pengeluaran dari berbagai kategori.

Keunggulan aplikasi finansial yang satu ini ada pada keamanan datanya. Monefy sudah menggunakan fitur penyimpanan data di cloud sehingga bisa diakses di beberapa perangkat atau gadget. Sayangnya, mata uang yang ada belum tersedia dalam rupiah.

3. Uangku

Aplikasi keuangan Uangku merupakan salah satu aplikasi yang praktis dan mudah digunakan. Fitur yang ditawarkan juga cukup lengkap untuk mengatur keuangan dengan baik seperti pencatatan pengeluaran dan membuat target tabungan. Aplikasi ini banyak dipilih karena memiliki tampilan sederhana sehingga mudah digunakan untuk pemula.

4. Mint

Selain beberapa aplikasi finansial yang telah disebutkan di atas, salah satu aplikasi keuangan terpercaya adalah mint. Salah satu alasan mengapa Mint begitu populer adalah karena sifatnya yg all-in-one karena aplikasi ini mengintegrasikan beberapa akun finansial sekaligus seperti rekening bank, tagihan bulanan, investasi, dan giro. 

Baca Juga: 10 Aplikasi Investasi Aman dan Terdaftar di OJK yang Cocok untuk Investor Pemula

Selain itu sobat PINA bisa membedakan pengeluaran pada beberapa kategori berbeda sehingga kamu bisa lebih mengontrolnya. Aplikasi ini juga bisa memberikan peringatan berupa notifikasi jika ada tagihan yang belum terbayar atau melebihi batas.

5. Catatan Keuangan Harian

Seperti namanya, aplikasi merupakan aplikasi yang cocok digunakan untuk mencatat keuangan harian. Fitur yang disuguhkan terlihat mendetail dan dikemas sederhana sehingga siapa pun bisa menggunakannya dengan mudah. Untuk mendorong kebiasaan menabung, aplikasi ini mengharuskan kamu mengisi target tabungan untuk satu bulan ke depan. Selain itu aplikasi ini juga memberikan tips dan informasi dari seberapa besar uang yang sebaiknya kamu gunakan agar kamu bisa mencapai target.

6. Wallet – Money, Budget, Finance & Expense Tracker

Wallet merupakan salah satu aplikasi keuangan yang terintegrasi dengan berbagai akun bank yang sobat PINA miliki. Selain itu, data yang sobat PINA punya akan menjadi lebih aman karena aplikasi ini menyimpannya di cloud dan sobat PINA dapat akses dari mana saja.

Tak hanya itu, jika sobat PINA punya tujuan bersama dengan orang lain seperti keluarga dan pasangan untuk mencapai target finansial tertentu, sobat PINA bisa menggunakan fitur rekening bersama. Fitur ini akan menjadi sangat membantu karena sobat PINA bisa melihat progress tabungan bersama orang lain dan mengontrol tabungan sehingga lebih cepat mencapai tujuan. 

7. Money Manager 

Selanjutnya aplikasi finansial rekomendasi PINA adalah Money Manager, aplikasi ini memiliki lebih dari fungsi dasar seperti mencatat pengeluaran dan mengatur budget tapi juga bisa memberikan laporan transaksi yang kamu lakukan lewat kartu debit dan kredit. Tak hanya itu, sobat PINA juga bisa menggunakan Money Manager dengan cross platform,  yaitu kamu bisa mengakses aplikasi ini selain menggunakan smartphone tapi juga bisa menggunakan laptop atau komputer desktop.

8. Penny

Aplikasi keuangan Penny menjadi salah satu rekomendasi di daftar ini karena fitur laporan di aplikasi ini cukup terperinci. Selain bisa menghubungkan banyak akun finansial dalam satu aplikasi, sobat PINA juga bisa melihat jumlah tagihan dan membandingkannya dengan periode sebelumnya. Selain itu, dari laporan yang terbentuk sobat PINA juga bisa membandingkan pengeluaran pada bulan ini dengan bulan bulan sebelumnya. 

9. Money Lover - Spending Manager

Aplikasi finansial yang bisa kamu unduh platform Android dan iOS berikutnya adalah Money Lover. Dengan aplikasi ini sobat PINA bisa mengelompokkan pengeluaranmu dengan berbagai kategori dan menganalisanya dengan baik. Fitur yang ditawarkan juga cukup lengkap seperti savings, budgets, dan event jadi kamu bisa mengatur target tabungan dan juga mengatur pengeluaran dan pemasukan. 

10. Aplikasi Keuangan PINA 

Rekomendasi aplikasi keuangan yang terakhir adalah PINA, aplikasi keuangan all-in-one yang memiliki beragam fitur untuk mempermudah mengatur keuanganmu. Sekarang agar bisa mengatur budget sekaligus investasi sesuai gaya hidupmu bisa dilakukan dalam satu genggaman. Tidak percaya? Cuma di PINA #SemuaBisaBebas melakukan keduanya. 

PINA menjadi salah satu aplikasi investasi online terpercaya jual-beli reksadana maupun saham yang sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Aplikasi ini juga punya berbagai keunggulan salah satunya hanya membutuhkan modal minim untuk memulai yaitu dari Rp10.000 saja.

Di PINA, kamu akan dibantu untuk membuat rencana keuangan dan investasi yang dipersonalisasi sesuai dengan toleransi risiko, gaya berinvestasi, dan goal finansial kamu. Melalui berbagai komunikasi, produk, dan tools  yang disampaikan dengan cara sederhana dan dibuat user friendly menjadikan PINA mudah diakses oleh siapapun. 

Untuk investasi, salah satu fitur yang bisa kamu andalkan yaitu PINA Goal. Melalui fitur ini kamu bisa menumbuhkan aset untuk mencapai apapun financial goal kamu dengan investasi yang di-automasi.

Tenang saja, kalau kamu mau tanya-tanya terkait fitur atau jenis investasi yang ingin dipilih, bisa langsung konsultasikan dengan CFP bersertifikat kami yang siap menjawab segala pertanyaanmu kapanpun.

Oh ya, kami juga lagi ada First Time Investor Promo nih untuk kamu yang mendaftarkan akun investasi (RDN)nya di PINA, lalu mendepositkan dana, dan membeli reksadana atau saham. Kamu bakal dapat cashback mulai dari 250 RIBU hingga 1 JUTA!

Tidak perlu lama-lama, yuk buruan download aplikasi investasi online terpercaya PINA dan buat akunnya untuk mendapatkan cashback-nya!

Pina

Pina

Content Writer Team