10 Aplikasi Investasi Aman dan Terdaftar di OJK yang Cocok untuk Investor Pemula

Sekarang investasi semakin mudah dalam genggaman dengan hadirnya aplikasi investasi. Kira-kira aplikasi investasi apa saja yang direkomendasikan untuk investor pemula? Yuk, mari simak daftarnya di artikel berikut.

Kini, makin banyak anak muda, terutama generasi milenial dan Z yang sadar akan pentingnya investasi. Apalagi sudah banyak inovasi di bidang keuangan yang memudahkan sobat PINA untuk berinvestasi, salah satunya melalui aplikasi investasi. Aplikasi investasi ini sangat cocok digunakan pemula yang ingin belajar berinvestasi. 

Sobat PINA tinggal membuka Google Play Store di Android atau App Store di IOS untuk mengunduh aplikasi investasi digital tersebut secara gratis! Bahkan, sobat PINA hanya bisa memulai investasi dengan menyisihkan uang seratus sampai dua ratus ribu saja melalui aplikasi-aplikasi investasi tersebut. Dengan begitu, kamu akan semakin mudah mencapai financial goals yang diinginkan. 

Namun, sobat PINA perlu berhati-hati. Kemudahan tersebut harus diimbangi dengan pengetahuan yang cukup. Pilihlah aplikasi investasi legal yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar kegiatan investasimu bisa berjalan lancar dan aman. 

Apa saja aplikasi investasi yang sudah terdaftar di OJK? Ini dia daftar dan penjelasannya. 

1. Bareksa

Aplikasi investasi ini diluncurkan oleh Bareksa Portal Investasi dan menyediakan ratusan produk reksa dana yang bisa sobat PINA pilih sesuai kebutuhan. Bareksa juga memiliki lebih dari 40 manajer investasi (MI) yang bisa disesuaikan dengan tujuan dan profil risiko kamu dalam berinvestasi. 

Bareksa menyediakan fitur simulator Bareksa dan kalkulator investasi. Dengan dua fitur tersebut, sobat PINA bisa memperkirakan berapa keuntungan atau imbal hasil yang akan kamu dapatkan nantinya. 

2. Bibit

Selain Bareksa, aplikasi investasi yang sudah familiar di tengah telinga masyarakat adalah aplikasi bibit. Aplikasi ini dikenal luas sebagai aplikasi yang menggunakan teknologi Robo untuk membantu investor memilih produk reksa dana yang sesuai dengan penghasilan, usia, risiko, dan tujuan investasi. 

Bibit juga menyediakan banyak sistem pembayaran digital yang memudahkan pengguna dalam melakukan investasi dan memperluas kesempatan untuk mendapatkan promo menarik. Mulai investasi  jadi lebih mudah dan anti ribet.

3. Stockbit

Stockbit merupakan salah satu aplikasi investasi yang cocok digunakan oleh investor pemula. Pasalnya, aplikasi ini menyediakan fitur Komunitas Online yang bisa kamu manfaatkan untuk saling berdiskusi dengan investor lain tentang topik-topik terkait dunia keuangan dan investasi. 

Tak hanya bertemu sesama investor pemula, terkadang kamu juga bisa bertemu investor profesional yang bermurah hati untuk berbagi ilmu. Terutama soal analisis fundamental dan teknikal dalam memilih saham. Sobat PINA juga bisa memantau pergerakan bursa saham secara real time melalui aplikasi Stockbit. Hal ini tentu berguna untuk menentukan transaksi investasi yang akan kamu lakukan. 

4. Tanamduit 

Aplikasi investasi yang diluncurkan oleh Mercanto Digital Asia ini punya banyak pilihan investasi. Mulai dari reksa dana, emas, Surat Berharga Negara (SBN), hingga asuransi. Tanamduit juga menyediakan fitur One View Portfolio agar investor bisa memantau fluktuasi investasinya. 

Sobat PINA tenang saja karena aplikasi Tanamduit sudah terdaftar secara resmi dan berada di bawah pengawasan OJK. Jadi, sangat aman untuk digunakan.

5. Amartha 

Selain saham dan reksadana, salah satu instrumen investasi yang menjanjikan adalah Peer to Peer Lending atau yang biasa dikenal dengan nama P2P. Produk investasi P2P ini mengelola uang dengan sistem crowdfunding dan menjadi wadah bagi investor yang ingin meminjamkan uang pada peminjam, terutama dari sektor UMKM. Salah satu aplikasi investasi P2P yang terpercaya adalah Amartha.

Sebagai contoh, sobat PINA menginvestasikan uang sebesar Rp20 juta, Amartha akan meminjamkannya pada pebisnis yang akan digunakan untuk menjalankan usahanya. Hasil dari aktivitas pengelolaan uang tersebut akan memungkinkan peminjam (pebisnis) mendapat keuntungan dan mampu mengembalikan pinjaman dalam jumlah lebih tinggi. 

Biasanya, investor akan mendapatkan keuntungan dari pengembalian dana sampai 15% per tahun. Jumlah yang cukup besar dan menguntungkan, bukan? Gimana, sobat PINA tertarik untuk coba?

6. Ajaib

Aplikasi investasi Ajaib bisa kamu gunakan untuk berinvestasi pada reksa dana maupun saham. Aplikasi yang sudah terdaftar di OJK ini diluncurkan oleh Takjub Teknologi Indonesia.

Selain sudah legal, aplikasi ini juga punya banyak keunggulan lho sobat PINA! Salah satunya fitur notifikasi real time yang membantu investor agar dapat mengetahui tren investasi harian. Tak hanya itu, Ajaib juga memiliki fitur Auto Order Ajaib yakni fitur yang berguna untuk membantu investor dalam mengeksekusi strategi jual beli saham, sehingga dapat meminimalisir risiko yang ada dan mengoptimalkan keuntungan.an

7. OVO Invest 

Tidak hanya punya layanan dompet digital, kini OVO juga punya aplikasi investasi yang bisa sobat PINA gunakan untuk meraih financial goals, yaitu OVO Invest. Lewat aplikasi ini, kamu bisa mulai berinvestasi dengan modal Rp10.000 saja! Wow! Sobat PINA juga bisa menggunakan layanan OVO Cash untuk berinvestasi. Investasi jadi makin mudah. 

8. RTI Business

Selain beberapa aplikasi investasi yang sudah disebutkan di atas, ada aplikasi investasi saham yang bernama RTI Business. Kelebihan aplikasi ini ada pada beberapa fitur yang diciptakan untuk memudahkan investor pemula. Di antaranya informasi terkait cash flow, income statement, earnings, growth, dan balance sheet. Bahkan sobat PINA juga bisa menganalisis kinerja perusahaan selama lima tahun terakhir melalui aplikasi RTI Business ini.

9. IPOTFund

Selain aplikasi investasi saham, ada juga aplikasi khusus investasi reksadana yang bernama IPOTFund. Aplikasi investasi khusus reksadana besutan Indo Premier Sekuritas ini memiliki lebih dari 40 manajer investasi yang siap membantumu memilih investasi yang sesuai tujuan, risiko, dan profil investasi.

Baca Juga: 10 Aplikasi Keuangan Terbaik untuk Finansial Sehat di Masa Depan

Aplikasi IPOTFund juga memiliki kurang lebih 259 produk reksadana yang dapat sobat PINA pilih. Semakin banyak pilihan, artinya akan semakin luas kesempatan untuk memilih reksa dana yang bisa mendatangkan keuntungan sebanyak-banyaknya. 

10. Aplikasi Investasi PINA

Terakhir, sobat PINA bisa memanfaatkan PINA, aplikasi keuangan All-in-One. PINA adalah salah satu aplikasi investasi terbaik untuk jual-beli saham dan reksadana, lho. Selain menawarkan fitur investasi saham dan reksadana, PINA juga memiliki fitur PINA Goals yang fitur investasi otomatis yang berbasis untuk mewujudkan tujuan keuangan kamu. Mulai dari menumbuhkan aset sampai memaksimalkan return atau keuntungan, apapun financial goal kamu, dengan investasi yang di-automasi, PINA bisa lakukan lebih.

Selain itu, PINA juga memiliki fitur Kelola Budget yang akan membantu kamu dalam mengatur pos-pos keuangan mulai dari pos pengeluaran rumah tangga, tabungan, dan investasi. Jadi sobat PINA bisa mengetahui berapa uang yang dapat kamu investasikan setiap bulannya. Berguna sekali, bukan?

Setelah melihat daftar aplikasi investasi yang tersedia di atas apakah sobat PINA jadi tertarik untuk mulai investasi dengan cara digital? Aplikasi investasi memang sangat memudahkan investor pemula untuk memulai investasi dalam genggaman.

Nah, kebetulan ada penawaran menarik buat kamu yang tertarik untuk mulai investasi secara digital, setiap pembelian investasi di PINA dengan modal awal Rp1.000.000, kamu akan mendapatkan cashback tambahan sebesar Rp250.000!

Jadi, tunggu apalagi? Segera daftarkan akun investasi (RDN)mu di PINA, depositkan dana, lakukan pembelian investasi di saham atau reksadana pilihanmu.

Pina

Pina

Content Writer Team